Wednesday, January 20, 2010

3dsMAX : MODELING BANGKU KECIL


MODELING BANGKU KECIL


Hai, selamat berjumpa kembali dalam edisi tutorial 3ds max bersama ilmugrafis.com yang kita sayangi ini.
Pada kesempatan kali ini, kita akan melatih kemampuan modeling 3D kita. Kita akan menggunakan teknik modeling dengan teknik Polygonal Modeling. Polygonal Modeling adalah teknik membuat objek 3D (modeling) dengan cara membentuk atau “memahat” sebuah objek, sehingga tercipta sebuah objek baru. Teknik ini sering disebut juga dengan teknik Box Modeling. Disebut demikian karena teknik ini umumnya menggunakan model dasar dari objek Box (kotak) (meskipun bisa juga menggunakan objek dasar lainnya, seperti objek Sphere (bola), Cylinder (selinder) dan objek-objek lainnya).
Untuk Case kali ini, kita akan membuat sebuah objek bangku kecil (small desk).

Ok, kita mulai saja Tutorial
3DS MAX 7 ini:

Atur ukuran di 3ds max dalam satuan Centimeter (cm). Caranya pernah diulas ditutorial-tutorial 3ds max sebelumnya. Anda bisa mengaksesnya kembali.
Selanjutnya, buatlah sebuah objek Box. Objek Box ini merupakan alas dari objek bangku yang akan kita buat nantinya.

Pada Tab Modify, atur dengan parameter sebagai berikut.

Dekatkan mouse ke objek Box, lalu klik kanan mouse dan klik pilihan : Convert to Editable Poly.

Buka tanda plus pada tulisan Editable Poly dan klik opsi Edge. Edge memilih bagian garis dari suatu objek 3D.

Gunakan selalu tombol Arc Rotate untuk membantu Anda dalam bekerja menggunakan teknik Polygonal untuk mengatur arah pandang Viewport.

Pilih bagian Edge seperti tampak pada gambar dibawah.

Hasil seleksi akan tampak seperti gambar dibawah.

Klik kotak kecil pada opsi Connect.

Ganti dengan angka 2 dan klik tombol OK.

Klik tombol Select and Scale.

Klik dan tahan mouse Anda pada tombol Use Pivot Point Center. Pilih opsi Use Selection Center.

Pastikan Edge hasil dari Connect sebelumnya, masih dalam keadaan terpilih. Pada Viewport Perspective, Anda dekatkan mouse ke sumbu X dan geser kearah kiri. Atur dengan posisi seperti tampak pada gambar dibawah.

Lalu pilih Edge (garis-garis) yang sejajar dengan Edge hasil Connect tadi (seperti yang tampak pada gambar berikut).

Anda lakukan Connect kembali dengan angka 2. Sehingga hasilnya menjadi seperti gambar dibawah.

Masih menggunakan tombol Select and Scale dan tombol Use Selection Center, lalu Anda geser Edge hasil Connec yang baru sehingga ke posisi seperti terlihat pada gambar dibawah.

Gunakan tombol Arc and Rotate untuk memutar pandangan Viewport sehingga Anda dapat melihat objek Box bagian bawah.

Klik pilihan Polygon. Polygon memilih bagian sisi permukaan dari suatu objek 3D.

Pilih keempat sisi seperti tampak pada gambar dibawah. Keempat sisi tersebut akan kita jadikan sebagai kaki dari bangku.

Klik kotak kecil disebelah tulisan Extrude. Extrude berfungsi untuk memberikan ketebalan pada bagian dari objek terpilih.

Pada Extrusion Height, beri nilai 20cm dan klik tombol OK.

Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah.

Selanjutnya, ubah arah pandang Viewport dengan menggunakan tombol Arc Rotate sehingga Anda dapat melihat objek dari arah atas. Anda pilih dengan pilihan Polygon bagian dari sisi permukaan objek seperti terlihat pada gambar.

Lakukan Extrude kembali dengan parameter seperti tampak pada gambar dibawah.

Hasilnya akan menjadi seperti tampak pada gambar dibawah. Sekarang sudah mulai terlihat bentuk dari rangka sandaran bangku.

Selanjutnya pilih Edge.

Seleksi seperti tampak pada gambar dibawah.

Pilih Connect dan atur dengan parameter dibawah.

Lalu pilih bagian sisi permukaan (Polygon) seperti terlihat pada gambar.

Atur dengan parameter berikut.

Simsalabim!!! Sudah jadi sebuah bentuk (modeling) objek bangku kecil yang menarik.

Untuk hasil akhirnya, jangan lupa Anda berikan warna, beri alas lantai dari objek Box dengan material kayu dan beri pencahayaan (lighting) dengan teknik Global Illumination dari Skylight-Light Tracer (Teknik ini sudah pernah diulas pada tutorial-tutorial 3ds max yang lalu).


Selamat berlatih dan sampai jumpa ditutorial-tutorial 3ds max selanjutnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Nb : (Nah, gini ini yang terjadi diruangan kelas, kalo yang belajar mas jo junior sama mas ervyn junior… bukannya belajar, malah berantakin bangku-bangku kelas… hehehe…)

Selamat mencoba.

Standar Ukuran Kertas dan Skala Internasional AutoCAD


Standar Ukuran Kertas dan Skala Internasional AutoCAD
l

Dalam dunia tehnik dan grafis ada beberapa hal yang telah dibakukan sehingga menjadi standar internasional, diantaranya adalah standar ukuran kertas dan ukuran skala dan dalam autocad sangat diperlukan...

Dalam menggambar teknik ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilanggar

Gambar layout kertas

Standart Kertas A0, A1, A2, A3, A4



Skala yang dianjurkan


Seperti halnya menggambar manual maka kita lakukan adalah melakukan penskalaan...

Semoga bermanfaat...

Cara Memberi Background Pada Obyek Gambar 3 Dimensi AutoCAD


Cara Memberi Background Pada Obyek Gambar 3 Dimensi AutoCAD


Halo pembaca yang budiman, untuk menjadikan gambar 3 dimensi kita lebih hidup kita bisa memberikan background pada gambar
autocad yang kita buat...

Berikut Caranya :

Langkah 1:

Buka salah satu file gambar 3 dimensi yang anda buat:
File > Open > Pilih gambar 3D anda: misal penulis mengambil gambar dibawah ini:

file1


Langkah 2:

Keluarkan Toolbar Render
Pilih menu View > Toolbars > Toolbar Render
Lihat toolbar render berikut ini:



Langkah 3:

Kliklah tool background file3

Maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut:

file4


Langkah 4:

Kliklah Image

Langkah 5:

Kliklah Find File..... pada kategori Image

Langkah 6:

Pada Look in:.............Pilih file gambar yang akan kita jadikan Background
Setelah itu klik
Open > pilih OK

Langkah 7:

Lakukan Rendering
Lihatlah
background dan gambar hasil render dibawah ini:


GAmbar Rumah plus background Hasil Rendering dengan
autocad

Semoga bermanfaat...

Autocad :Langkah Render pada Obyek Gambar 3 Dimensi


Langkah Render pada Obyek Gambar 3 Dimensi
Status: FREE tutorial

Halo pembaca yang budiman, untuk menjadikan gambar 3 dimensi kita lebih realistis dan indah dilihat kita bisa memanfaatkan fasilitas
Render yang ada pada AutoCAD.
Berikut Caranya :

Langkah 1:

Buka salah satu file gambar 3 dimensi yang anda buat:
File > Open > Pilih gambar 3D anda: misal penulis mengambil gambar dibawah ini:



Langkah 2:

Keluarkan Toolbar Render
Pilih menu View > Toolbars > Toolbar Render

Lihat toolbar render berikut ini:


Langkah 3:

Kliklah tool render

Maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut:



CATATAN:
  • Pada Rendering Type: Pilih Photo Raytrace atau(Pilih sesuai kebutuhan)


  • Pada Rendering Option: Silahkan di cek list sesuai kebutuhan


  • Pada Destination pilih Vieport:


  • Pada Sub Sampiling pilih 1:1 (Best) atau disesuaikan kebutuhan


  • Bila sudah kita seting sesuai kebutuhan > Kliklah Render





Langkah 4:

Silahkan lihat hasil gambar rendering anda:
bangun 3d
Contoh Gambar Hasil Rendering dengan
autocad

Bagaimana??????????? Ruaarrrrrrrrrrrrrrrrr Biasa!
Mudah bukan?

Semoga bermanfaat...